I. PENDAHULUAN
1.1. Tujuan
Tujuan dokumen Struktur Organisasi Unit Jaminan Mutu Jurusan Manajemen adalah:
- Memberikan pedoman kepada pihak terkait mengenai Struktur Organisasi Jaminan Mutu Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTM.
- Memaparkan garis komando, koordinasi-konsiltatif dan tanggung jawab semua elemen dalam Struktur Organisasi Jaminan Mutu jurusan, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan Jaminan Mutu Jurusan Manajemen FEB UTM.
1.2. Pengertian
- Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan/program kerja untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam Struktur Organisasi Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi, unit jaminan mutu adalah unit pelaksana penjaminan mutu tingkat Jurusan.
- Jurusan adalah himpunan sumber daya pendukung, yang dapat dikelompokkan menurut Program Studi yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik lokasi atau profesi, dll dalam 1 (satu) rumpun disiplin ilmu pengetahuan.
- Unit Jaminan Mutu Akademik adalah suatu unit dalam organisasi/institusi pendidikan yang dibentuk untuk melaksanakan jaminan mutu akademik. Dalam Struktur Organisasi Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi, Unit Jaminan Mutu adalah Unit Pelaksana Penjaminan Mutu Tingkat Jurusan.
II. STRUKTUR ORGANISASI
2.1. Bagan Struktur Organisasi Jaminan Mutu Jurusan Manajemen
Gambar 2.1 Struktur Organisasi Jaminan Mutu Jurusan Manajemen
2.2. Tugas dan Fungsi Unit Jaminan Mutu Jurusan Manajemen
Tugas Unit Jaminan Mutu adalah membantu Ketua Jurusan dalam upaya peningkatan mutu yang antara lain:
- Membantu menyusun dan mengelola dokumen terkait dengan jaminan mutu akademik program studi
- Melakukan evaluasi pelaksanaan jaminan mutu akademik program studi (evaluasi PBM dan evaluasi mutu soal)
- Melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan
- Melakukan dan mempersiapan Audit Mutu Internal (AMI)
- Berkoordinasi dengan tim jaminan mutu fakultas dalam pengembangan sistem jaminan mutu.