Tupoksi

Dalam menjalankan kegiatan operasional organisasi, Program Studi Manajemen FEB – UTM menggunakan dasar sebagaimana yang telah diatur dari dari hasil rapat senat dan rapat pimpinan, baik dalam lingkup Fakultas maupun Universitas. Struktur organisasi yang telah diatur oleh Universitas didasarkan dari OTK, meliputi Ketua dan Sekretaris Prodi, Ketua Unit Jaminan Mutu, Ketua Konsentrasi (Korbinat), Ketua Laboratorium Manajemen, dan Ketua Pengelola Jurnal Ilmiah. Tupoksi dari masing – masing unit dalam program studi juga telah dijelaskan, sehingga masing – masing dosen yang diberikan tanggung jawab dapat menjalankan kegiatannya dengan baik. Beberapa tugas dan tanggung jawab dari masing – masing unit adalah sebagai berikut:

Ketua Program Studi

Tugas pokok

Menyusun rencana, memberi petunjuk dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dosen di lingkungan program studi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Wewenang dan tanggung jawab :

  • Bertanggung jawab atas keseluruhan pelaksanaan kegiatan di Program Studi.
  • Mengusulkan staf yang akan duduk dalam jabatan struktural sekretaris prodi, kepala laboratorium dan koordinator laboratorium dll, sesuai kebutuhan program studi.
  • Mengusulkan staf untuk melaksanakan kegiatan akademik serta dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan program studi.

Uraian tugas

  • Mengelola pemanfaatan seluruh sumber daya untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Menegakkan norma serta kebijakan yang ditetapkan oleh senat akademik dan pimpinan.
  • Melaksanakan pengembangan aset program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menetapkan rencana kerja dan mengevaluasi hasil pencapaiannya.
  • Menilai prestasi dan kinerja civitas akademik di program studi.
  • Melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Prodi.
  • Melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja lain.
  • Merumuskan rancangan anggaran pendapatan dan belanja.
  • Melaksanakan rancangan anggaran yang telah disetujui.
  • Melakukan evaluasi diri dan tindak lanjut evaluasi diri secara periodik.
  • Melakukan evaluasi pengembangan kurikulum, silabus dan satuan acara perkuliahan.
  • Menjalin kerjasama dengan mitra untuk perbaikan kompetensi lulusan.
  • Memformulasi, mengukur dan mengevaluasi pencapaian kompetensi lulusan.
  • Mengimplementasikan sistem penjaminan mutu dilingkungan program studi.
  • Melaporkan aktivitas program studi secara periodik kepada kelompok dosen program studi.
  • Mengusulkan SDM di lingkungan Prodi.
  • Membuat laporan evaluasi diri setiap tahun.

[collapse]
Sekretaris Program Studi

Tugas pokok

Membantu tugas – tugas ketua program studi, penyelenggaraan administrasi program studi yang berkaitan dengan staf/ pengajaran, mahasiswa dan kegiatan perkuliahan.

Wewenang dan tanggung jawab

  • Memberikan laporan tugas atau kegiatan dari staf/pengajaran dan pegawai administrasi.
  • Menentukan prioritas pekerjaan.
  • Memaraf surat – surat dinas sesuai ketentuan.
  • Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas.
  • Menjaga/mengarsipkan kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi.
  • Melaksanakan tugas dan wewenang ketua program studi atas perintah ketua bila ketua berhalangan.

Uraian tugas

  • Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan.
  • Menyiapkan kurikulum yang sudah disepakati untuk pelaksanaan proses pembelajaran.
  • Merencanakan dan menyiapkan kegiatan tiap semester : kontrak program, perkuliahan dan ujian semester.
  • Mengkoordinasikan dosen pengampu, distribusi mata kuliah dan beban kerja dosen.
  • Mengkoordinasikan pembuatan silabus, SAP, handout/ modul.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan ujian semester.
  • Menentukan dosen pembimbing akademik dan tugas akhir mahasiswa.
  • Melakukan pengadministrasian dan pengendalian nilai mata kuliah mahasiswa.
  • Melaksanakan evaluasi kegiatan perkuliahan, ujian, cuti, drop out.
  • Memonitor kegiatan mahasiswa.
  • Mengimplementasikan system penjaminan mutu internal kampus dilingkungan program studi.
  • Melaporkan aktivitas sekretaris program studi kepada ketua program studi.
  • Membuat laporan evaluasi diri tiap tahun.

[collapse]
Ketua Unit Jaminan Mutu

Tugas pokok

Menyediakan standar mutu dalam proses belajar mengajar agar menghasilkan lulusan yang memenuhi kebutuhan stakeholder  dan pasar kerja.

Wewenang dan tanggung jawab

  • Merancang sistem penjaminan mutu program studi.
  • Memberikan laporan pengguna dari lulusan yang dihasilkan
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum melalui evaluasi materi perkuliahan dalam kaitannya dengan silabus mata kuliah yang telah ditetapkan.

Uraian tugas

  • Mengevaluasi Kegiatan Perkuliahan selama 1 semester.
  • Memonitor proses belajar mengajar setiap kehadiran melalui kontrol materi kuliah sesuai SAP dan Silabus dalam laporan kemajuan belajar (progress report).
  • Menerapkan ketentuan limit studi dan DO berdasarkan IPS dan IPK, berpedoman pada standar universitas
  • Mengkaji kurikulum secara berkelanjutan, melalui masukan dari alumni, pengguna lulusan dan praktisi
  • Menjalankan standar mutu berdasarkan akreditasi BAN-PT.
  • Menindaklanjuti setiap pelanggaran yang terjadi terutama pada saat test, UTS, UAS maupun dalam penulisan karya ilmiah
  • Menjalani secara berkala pemeriksaan pencapaian target prodi seperti yang sudah tertulis dalam renstra oleh tim AMAI dan menindak lanjuti temuan aditor dengan melakukan tindakan koreksi dan korektif
  • Mengumpulkan data dan informasi dari pengguna lulusan dengan melakukan tracer study dan wawancara langsung dengan pihak pengguna lulusan
  • Mengumpulkan data dan informasi dari alumni dengan melakukan tracer study dan wawancara langsung dengan alumni yang sudah masuk dalam dunia kerja

[collapse]
Ketua Konsentrasi

Tugas Pokok

Mengkoordinir, merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi serta mengembangkan proses pendidikan dan kurikulum dalam cabang ilmu tertentu.

Wewenang dan Tanggung Jawab

  • Mengkoordinir dosen dalam cabang ilmu tertentu dalam mengembangkan kurikulum.
  • Merencanakan pengembangan kurikulum dalam cabang ilmu tertentu.
  • Membantu Ketua Program Studi dengan memberikan rekomendasi dosen pembimbing tugas akhir mahasiswa

Uraian Tugas:

  • Mengkoordinir penyusunan SAP dan silabus pada mata kuliah yang berada dalam satu cabang ilmu tertentu.
  • Memberikan rekomendasi kepada Ketua Program Studi tentang dosen pembimbing tugas akhir mahasiswa yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mengkoordinir dosen yang berada dalam satu cabang ilmu tertentu untuk mengevaluasi, merencanakan dan pengembangan kurikulum.
  • Mengkoordinasikan kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam satu kelompok

[collapse]
Ketua Laboratorium Manajemen

Tugas Pokok

Mengkoordinir pelaksanakan kegiatan pendidikan dan penelitian dalam cabang ilmu tertentu sebagai unsur penunjang pelaksanakan tugas program studi.

Wewenang dan tanggung jawab

  • Merencanakan kegiatan penunjang pendidikan di laboratorium.
  • Menyusun rencana operasional dan pengembangan laboratorium
  • Menyiapkan jadwal kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam laboratorium.
  • Mengkoordinasikan segala kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam laboratorium Melakukan pembinaan kepada anggota laboratorium.
  • Menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam rangka resource sharing dan pemberdayaan laboratorium.
  • Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan sarana prasarana dan kegiatan dalam laboratorium.
  • Melaporkan kegiatan sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Program Studi.

Uraian tugas

  • Melakukan koordinasi dengan kelompok dosen keahlian untuk pengembangan payung penelitian.
  • Memberikan pelayanan bagi civitas akademika untuk melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Mengajukan usulan bahan dan alat yang dibutuhkan tiap semester kepada Ketua Program Studi.
  • Membuat laporan evaluasi diri tiap tahun.

[collapse]