Strategi

Strategi Dasar Pengembangan:

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditentukan, maka Program Studi Manajemen FEB – UTM akan melalui beberapa cara sebagai berikut;

  1. Mengoptimalkan Sistem Penjaminan Mutu akademik dan non akademik secara terintegrasi dan berkelanjutan untuk mencapai standart nasional pendidikan. Strategi ini diperlukan untuk meningkatkan sistem penjaminan mutu Program Studi Manajemen FEB – UTM sehingga tercapai standarisasi.
  2. Penyelenggaraan program pendidikan, pengajaran dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas merupakan unsur utama yang akan menentukan keberlanjutan Program Studi Manajemen FEB – UTM. Untuk menghasilkan kualitas yang baik, maka program pendidikan, pengajaran dan pengabdian pada masyarakat harus ditingkatkan. Dengan peningkatan program pendidikan, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat, maka dapat diharapkan akan terjadi peningkatan kompetensi.
  3. Peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia. Sumberdaya manusia sebagai unsur utama dalam kegiatan pembelajaran dapat ditingkatkan dari perspektif profesionalitas, kualifikasi akademik serta kualifikasi kepangkatan.
  4. Peningkatan kualitas Mahasiswa dan lulusan yang mempunyai kompetensi dasar dibidang ilmu manajemen yang dibutuhkan oleh pengguna serta mempunyai kemampuan kerja yang mandiri. Mahasiswa dan lulusan merupakan subyek dalam kegiatan pembelajaran. Baik buruknya pengelolaan institusi akan diukur dari sejauh mana tingkat keterserapan lulusan tersebut dalam pasar kerja. Oleh karena itu, peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan menjadi salah satu strategi dari Program Studi Manajemen FEB – UTM.
  5. Pengembangan jaringan kerja yang efektif antara lembaga pendidikan dengan stakeholders. Strategi pengembangan kerjasama antar institusi, baik dari unsur pemerintah, perusahaan swasta maupun perguruan tinggi lain perlu dilakukan.
  6. Optimalisasi Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan wahana untuk meningkatkan kinerja dari Program Studi Manajemen FEB – UTM. Penggunaan teknologi bermanfaat untuk meningkatkan citra Program Studi Manajemen melalui kemudahan para pemangku kepentingan dalam mengakses informasi yang dikeluarkan oleh prodi.
  7. Tatakelola yang baik (good governance). Penyelenggaraan pendidikan akademik oleh Program Studi Manajemen FEB – UTM harus sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen mutu dengan struktur organisasi yang efisien, serta tata pamong yang lengkap dan fungsi-fungsi yang jelas dan rasional, di bawah kepemimpinan yang memegang teguh amanat sebagai agen pemberdayaan untuk seluruh lapisan masyarakat melalui pendidikan, dan bekerja secara terencana. Beberapa hal yang akan dilakukan untuk mewujudkan tata kelola organisasi yang baik adalah dengan meningkatkan manajemen mutu internal dengan mekanisme keorganisasian yang jelas serta menyusun dan mengimplementasikan OTK yang efektif dan efisien serta prosedur operasional baku (POB).
  8. Mewujudkan sarana prasarana mendukung kualitas proses pembelajaran. Agar proses pembelajaran dapat dilakukan dengan baik maka perlu disusun strategi dalam pelaksanaannya. Beberapa peralatan dasar sudah ada, sehingga strategi yang dapat direncanakan adalah kegiatan pengembangan dan pemeliharaan. Salah satu dari strategi yang diangkat adalah mengembangkan peralatan pembelajaran dengan menggunakan multi media serta pengembangan laboratorium manajemen yang telah terstandarisasi.
  9. Mengelola Penyelenggaraan Riset Berbasis Keunggulan Lokal Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pemecahan Masalah. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Universitas Trunojoyo Madura dalam menjalankan kegiatannya adalah dengan menjadikan universitas sebagai salah satu sumber pembelajaran bagi masyarakat. Sebagai salah satu sumber pembelajaran dan sarana informasi, maka Program Studi Manajemen FEB – UTM harus menambah jumlah penelitian dengan menekankan pada keunggulan lokal.