Sejarah

Sejarah dan gambaran organisasi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura

Universitas Trunojoyo Madura diresmikan sebagai salah satu universitas negeri di Indonesia Tahun 2001. Sebelum diresmikan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri, Universitas Trunojoyo Madura adalah salah satu perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Bangkalan (UNIBANG). UNIBANG sendiri didirikan pada Tahun 1986. Salah satu tujuan utama pendirian UNIBANG adalah untuk memajukan tingkat pendidikan masyarakat di Madura dan membentuk kelompok masyarakat yang cakap dan bertanggung jawab, berbudi pekerti luhur serta secara umum untuk mempersiapkan generasi muda yang mempunyai integritas sehingga berguna bagi nusa dan bangsa.

Di awal pendiriannya sebagai perguruan tinggi negeri, Universitas Trunojoyo mempunyai 3 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Hukum. Pada saat itu, Fakultas Ekonomi berdiri dengan 3 bidang ilmu (jurusan), yaitu Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi dan Jurusan Ekonomi Pembangunan. Sesuai dengan tujuan awal pendirian perguruan tinggi, yaitu untuk memajukan tingkat pendidikan masyarakat Madura, maka sebagian besar dosen dan mahasiswa adalah masyarakat Madura.

Pada Tahun 2009 ruang lingkup tata kelola yang ada di seluruh Universitas diubah dengan tidak menjadi Jurusan, tetapi menjadi Program Studi. Dengan tidak menghilangkan rumpun ilmu yang ada, maka Fakultas Ekonomi yang sebelumnya memiliki 3 Jurusan, yaitu Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen dan Jurusan Ekonomi Pembangunan, mempunyai 3 Program Studi yaitu Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ekonomi Pembangunan. Perubahan status dari Jurusan menjadi Program Studi tersebut tidak menghilangkan makna dari tugas yang diemban yaitu peningkatan kualitas sumberdaya manusia, peningkatan kualitas lulusan serta pengembangan institusi.

Proses peningkatan kualitas sumberdaya manusia, kualitas lulusan dan pengembangan institusi tercermin dari proses pelaksanaan akreditasi program studi. Sejak dinyatakan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura telah melakukan 3 kali proses akreditasi, yaitu pada Tahun 2001, 2007 dan 2012. Melalui ketiga proses akreditasi tersebut, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura telah mendapatkan hasil akreditasi B dari BAN PT.

Berdasarkan tata kelolanya, struktur organisasi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura merupakan bagian dari struktur organisasi FEUTM. Ketua dan sekretaris Program Studi bertanggung jawab sebagai kepada Dekan FEUTM. Ketua dan sekertaris Program Studi Manajemen dibantu oleh staf Prodi yang terdiri dari dosen dan staf pendidikan. Apa yang telah dihasilkan pada periode sebelumnya masih tetap dipertahankan. Di dalam Program Studi Manajemen terdapat beberapa unit seperti Program Pengembangan Manajemen (P2M), Laboratorium Manajemen yang membawahi beberapa bidang keilmuan seperti marketing, keuangan dan sumberdaya manusia, STAMEC serta jurnal ilmiah. Unit – unit tesebut bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi Manajemen.

Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mendalami bidang ilmu manajemen, Program Studi Manajemen memiliki 3 (tiga) konsentrasi: (1) manajemen Pemasaran, (2) Manajemen Keuangan, dan (3) Manajemen Sumberdaya Manusia. Dalam menjalankan tugasnya Ketua dan Sekertaris Program Studi melakukan koordinasi dengan masing – masing ketua konsentrasi.