Kurikulum

Kurikulum program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Trunojoyo Madura

2016

 

Kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen 2017/2018 ini memuat identitas Prodi, visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi, profil lulusan, capaian pembelajaran, peta kurikulum, struktur dan isi kurikulum, pengaturan mengenai beban belajar dan kelulusan, dan identitas Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo Madura. Kurikulum 2017 Prodi Manajemen merupakan hasil pemutakhiran kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan Peraturan Presiden No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Kurikulum 2017 Prodi Manajemen dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan bekal ilmu pengetahuan dan kompetensi kepada mahasiswa. Kompetensi hasil didik program studi merupakan prasyarat minimal yang harus dicapai oleh mahasiswa dalam menyelesaikan program studinya, terdiri atas capaian pembelajaran pada ranah sikap, pengetahuan umum, pengetahuan dan ketrampilan khusus.  Oleh karenanya kurikulum ini terdiri atas kurikulum nasional, kurikulum inti dan kurikulum institusional. Kurikulum nasional mencakup capaian pembelajaran umum yang disusun berdasarkan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kurikulum inti mencakup capaian pembelajaran khusus yang dirumuskan oleh forum pengelola program studi sejenis, yang kemudian disyahkan oleh dirjen sesuai degan kualifikasi KKNInya. Sementara kurikulum institusional merupakan capaian pembelajaran penciri perguruan tinggi.

Dengan diterbitnya kurikulum 2017 ini, kami selaku Pimpinan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura mengucapkan terima kasih kepada Tim Penyusun Kurikulum serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Kurikulum 2017. Saran dan masukan yang membangun demi penyempurnaan Kurikulum 2016 ini kami harapkan.

Peta Kurikulum: