Sejarah

Program Studi Manajemen merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan strata satu (S1) dengan status perguruan tinggi swasta mulai diselenggarakan pada tanggal 9 Maret 1984 dengan nomor SK pendirian 080/0/1984, kemudian pada 5 Juli 2001 berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor: No.85 Tahun 2001 pengelolaan No.85 Tahun 2001 beralih ke Perguruan Tinggi Negeri dibawah Kemendiknas Republik Indonesia.  Program Studi Manajemen merupakan program studi tertua diantara program-program studi yang ada di Fakultas Ekonomi, dikembangkan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan manajerial. Program ini berusaha untuk menciptakan sinergi antara kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pencapaian Iptek di bidang manajemen

Tanggal 08 Desember 2007,  Program Studi  Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura mendapatkan Akreditasi  dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berdasarkan  Surat Keputusan No. 031/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2007 dengan nilai 325 peringkat B  (Baik).

Penyelenggaraan Prodi Manajemen berpedoman pada visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Untuk mencapai visi, misi dan tujuan ini telah dilakukan berbagai upaya dengan dukungan sumber daya manusia, pengelolaan tata pamong, kepemimpinan yang efektif dan efisien, sarana dan prasarana yang cukup, kurikulum yang releven dan sistem pembelajaran yang berkualitas.

Pengelolaan  Prodi Manajemen, telah didukung dengan komitmen yang tinggi dari pimpinan Program studi, Fakultas dan Universitas dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat  untuk penjaminan mutu lulusan. Tata pamong di kelola dengan menggunakan pola kepimpinan demokratis dan partisipatif melalui  mekanisme kerja dan job diskripsi yang jelas sesuai dengan struktur organisasi.

Rekrutmen mahasiswa baru dilakukan dengan berbagai penjaringan yaitu melalui prestasi akademik maupun non akademik. Jumlah mahasiswa baru Prodi Manajemen dari tahun ke tahun semakin bertambah. pada TA 2012/2013 sebanyak 160 mahasiswa. Jumlah keseluruhan mahasiswa aktif pada tahun akademik 2011/2012 sebanyak 543 mahasiswa.

Jumlah dosen tetap bidang keahliannya  sesuai bidang program studi sebanyak 22 orang dengan kualifikasi pendidikan Doktor  sebanyak  5 orang (22,7%), Magister sebanyak  17 orang  (77,3%). Kualifikasi jabatan akademik Lektor Kepala 5 orang (22,7%), Lektor 9 orang (40,9%) dan Asisten Ahli 8 orang (36,4%), Dosen yang sedang dalam tugas belajar ke S3 sebanyak 5 orang

Jumlah dosen tetap bidang keahliannya tidak sesuai dengan program studi sebanyak 7 orang dengan kualifikasi pendidikan  Magister  sebanyak 7 orang (100%). Kualifikasi Jabatan Akademik  Lektor Kepala sebanyak 1 orang (14,3%), Lektor 1 orang  (14,3%) dan Asisten Ahli 5 orang (71,4%).

Jumlah tenaga kependidikan sebanyak  20 orang  untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Tri Dharma denmgan kualifikasi tenaga administrasi sebanyak 8 orang (6 orang berpendidikan S1, dan 2 orang SMA), laboran  2 orang  berpendidikan D3 serta .tenaga perpustakaan sebanyak 10 orang berpendidikan S1 4 orang dan D3 6 orang.

Prodi Manajemen mulai tahun 2005/2006 telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang mengacu pada SK Mendiknas No. 045/U/2002. Secara periodeik  dilakukan peninjauan dan evaluasi kurikulum disesuaikan dengan dinamika perkembangan IPTEK, masukan dari alumni,  tuntutan dari pengguna lulusan dan tantangan masa depan.

Sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Tri Dharma antara lain 9 ruang kuliah, 2 ruang laboratorium (lab. Manajemen dn lab. Inkubator), ruang seminar, ruang baca, dan perpustakaan pusat,   Sarana dan prasarana lain untuk menunjang bakat dan minat mahasiswa anatara lain  lapangan tenis, lapangan sepak bola,  lapangan bola basket,  lapangan bola voly, lapangan futsal.

Penelitian yang dilakukan dosen tetap sesuai dengan dibidang program studi dilihat dari kualitas dan produktifitasnya pada 3 tahun terakhir sebanyak 70 penelitian, rata-rata tiap tahun sebanyak 23 kali penelitian (penelitian bantuan   dari institusi sendiri 12 kali, bantuan dari DP2M DIKTI 3 kali, bantuan penelitian dari instansi pemda dan swasta 8 kali)

Pengabdian kepada masyarakat  yang dilakukan dosen tetap sesuai bidang studi pada 3 tahun terakhir sebanyak 41 kali penelitian, rata-rata  tiap tahun sebanyak 13 kali (pengabdian masyarakat  bantuan dari institusi sendiri 4 kali, pengabdian masyarakat bantuan dari DP2M DIKTI 7 kali dan bantuan dari  instansi pemda dan swasta 2 kali)