SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN II (“Manajemen CSR Untuk Kreatifitas Ekonomi Masyarakat “)

Diskusi Panel

Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan ( Kotler dan Nancy ( 2005). Menurut CSR Forum Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai bisnis yang dilakukan secara transparan dan terbuka serta berdasarkan pada nilai-nilai moral dan menjunjung tinggi rasa hormat kepada karyawan, komunitas dan lingkungan ( Wibison, 2007 ).

 DSC0034
Corporate Social Responsibilit(CSR)adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.

 DSC0031

Manfaat bagi Masyarakat & Keuntungan Bagi perusahaan adalah CSR akan lebih berdampak positif bagi masyarakat; ini akan sangat tergantung dari orientasi dan kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah. Studi Bank Dunia (Howard Fox, 2002) menunjukkan, peran pemerintah yang terkait dengan CSR meliputi pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber daya, dukungan politik bagi pelaku CSR, menciptakan insentif dan peningkatan kemampuan organisasi. Untuk Indonesia, bisa dibayangkan, pelaksanaan CSR membutuhkan dukungan pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban sosial. Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa harus melakukan regulasi di tengah situasi hukum dan politik saat ini. Di tengah persoalan kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami Indonesia, pemerintah harus berperan sebagai koordinator penanganan krisis melalui CSR (Corporate Social Responsibilty). Pemerintah bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus, dengan masukan pihak yang kompeten. Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung, dan memberi penghargaan pada kalangan bisnis yang mau terlibat dalam upaya besar ini. Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku bisnis dan kelompok-kelompok lain agar terjadi proses interaksi yang lebih adil dan menghindarkan proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap yang lain.

 DSC0041

Dalam Sambutannya Rektor Universitas Trunojoyo Madura ( Prof. Dr. Ir. H. Ariffin, MS ) menyampaikan Pada Seminar Manajemen II yang bertajuk ” Manajemen CSR Untuk Kreatifitas Ekonomi Masyarakat ” ini di harapkan dapat memberikan Output yang maksimal untuk dapat sekiranya di terapkan oleh pemerintah, Perusahaan maupun stakeholder untuk masyarakat sekitar.

 DSC0046

Sebagaimana di ketahui bersama bahwa di daerah yang mempunyai SDA yang melimpah namun disisi kehidupan sosial masyarakatnya masih terbilang kurang memadai baik dari sisi pendapatan maupun infrastrukturnya sebagai mana di sampaikan oleh Wakil Bupati Bangkalan ( Drs HM Syafik Rofii ) dalam sambutannya. Menurut wakil Gubernur Jawa Timur ( Saifullah Yusuf ) menyampaikan dalam sambutannya di harapkan dalam seminar nasional kali ini dapat memberikan solusi yang terbaik untuk di jadikan rekomendasi kebijakan pemerintah terhadap Perusahaan, lembaga, maupun stake holder dalam melakukan dan mengakomodasi kepentingannya.

 DSC0049

 

 

( Source: http://trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/seminar-nasional-manajemen-ii-qmanajemen-csr-untuk-kreatifitas-ekonomi-masyarakat-q.html )